Kamis, 24 Januari 2019

Apakah Obat Penurun Kolesterol Tinggi benar Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol?

Apakah kamu termasuk orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi? JIka iya, apakah kamu juga mengkonsumsi obat obatan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi? Obat penurun kolesterol tinggi hingga saat ini masih menjadi kuci utama untuk menurunkan hingga menyembuhkan kadar kolesterol berlebihan dalam tubuh. Namun tidak selamanya obat obatan penurun kolesterol dapat membantu kamu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Terkadang obat obatan ini jutsru akan menjadi salah satu pemicu naiknya kolesterol hingga komplikasi penyakit lain akibat dari efek sampingnya. Mengapa begitu? Untuk itu yuk langsung saja kita simak ulasan lengkapnya mengenai informasi kesehatan kolesterol berikut ini :

Seiring dengan banyak nya peminat, kini obat-obatan penurun kolesterol tinggi hadir dengan berbagai jenis. Semua jenis obat-obatan tersebut memiliki tujuan yang sama yakni untuk menurunkan kadar trigliserida dan kadar kolesterol dalam tubuh dengan cara bekerja menghalangi zat yang di butuhkan tubuh untuk membuat kolesterol serta membantu tubuh menyerap kolesterol. Salah satu obat kolesterol yang paling banyak di konsumsi adalah jenis obat statin. jenis obat statin ini mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah hingga 50% atau bahkan bisa lebih dengan meningkatkan kadar kolesterol baik sebanyak 15%. Selain hanya menurunkan kolesterol tinggi, statin juga dapat mengurangi resiko penyakit serangan jantung, stroke dan penyakit jantung lainnya. Namun di balik manfaatnya, statin memiliki efek samping yang tidak baik untuk kesehatan. Berikut ada beberapa penelitian yang dilakukan perihal statin sebagai obat penurun kolesterol. 
1. efek samping statin yang umum terjadi
efek samping mungkin saja bervariasi antara jenis statin yang berbeda, efek samping yang paling umum terjadi akibat penggunaan statin ialah :
  • mual yang di sertai dengan muntah
  • Mengantuk dengan pusing
  • terjadinya kram perut atau sakit perut
  • kembung dan sakit luar biasa di kepala
  • mengalami masalah dengan system pencernaan seperti sembelit, diare, gangguan pencernaan atau hingga perut kembung
2. Nyeri Otot
Selain efek samping yang umum di timbulkan akibat mengkonsumsi statin, statin jenis obat penurun kolesterol yang ini juga terkadang dapar menyebabkan pembengkakan yang di sertai dengan nyeri tekanan pada bagian otot. Salah satu teori yang di libatkan bahwa statin mampu mempengaruhi protein yang ada di dalam sel otot hingga membuat pertumbuhan otot tersebut menurun.
3. Peradangan hati.
efek samping lainnya yang di akibatkan dari konsumsi statin ialah peningkatann enzim yang dapat menandakan peradangan di hati. meskipun hal ini sangatlah jarang, namun dokter akan merekomendasikan untuk tes enzim hati sebelum ataupun sesudah mengkonsumsi statin.
4. efek samping yang kurang umum terjadi

  • tubuh memiliki perasaan sakit atau bahkan tidak enak badan
  • tubuh mengalami kehilangan nafsu makan atau turunnya berat badan
  • sering mengalami sulit tidur (insomnia) hingga mengalami mimpi buruk
  • pusing yang di sertai dengan kehilangan sensai atau baal
  • memiliki masalah dengan memory seperti kesulitan berfikir atau kesulitan berkonsentrasi
  • Mengalami penglihatan yang kabur
  • radang hati dan radang pankreas
  • mengalami masalah kulit yang sebelumnya tidak di alami seperti jerawat hingga ruam merah dan gatal
  • Tubuh merasa lelah atau lemah secara fisik
  • Penderita akan mengalami depresi yang mudah marah
efek samping tersebut sangat jarang di alami, bahkan dengan perbandingan 1:100 penderita kolesterol tinggi. 
nah itulah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan mengenai efek samping statin obat kolesterol tinggi. semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk anda. 

Apakah Obat Penurun Kolesterol Tinggi benar Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar