Rabu, 23 Januari 2019

Konsumsi 3 Makanan Laut Ini Untuk Bantu Turunkan Kolesterol Tinggi

seafood merupakan sebutan untuk berbagai jenis menu makanan yang diolah dengan berbahan dasar dari hewan dan tumbuhan laut seperti udang, lobster, cumi dan kepiting. Tidak semua orang dapat mengkonsumsi makanan seafood ini, ada beberapa golongan orang yang justru memiliki reaksi alergi jika mengkonsumsi menu makanan yang berasal dari hewan laut. Namun untuk mereka yang juga gemar mengkonsumsi seafood ini akan beranggapan bahwa mereka mengalami kadar kolesterol yang tinggi akibat seafood. Padahal pada dasarnya makanan laut berjenis seafood ini memiliki manfaat baiknya lho untuk kesehatan, salah satunya untuk membantu anda dalam mengatasi kolesterol tinggi. Gak percaya? Yuk langsung saja kita simak ulasannya berikut ini :

Tidak sedikitnya orang yang telah menyadari memiliki kadar kolesterol tinggi akan menghindari konsumsi seafood, namun tidak semua jenis seafood berdampak buruk untuk kadar kolesterol dalam tubuh. Ada beberapa jenis lobster yang justru memiliki manfaat baik untuk membantu tubuh mengatasi kolesterol tinggi. Untuk jenis seafood tersebut ialah : 
  • Ikan salmon dan ikan tuna
    Ikan salmon dan ikan tuna merupakan kedua jenis ikan yang tidak berpengaruh terhadap kadar kolesterol dalam tubuh, justru kedua jenis ikan ini memiliki kandungan yang mampu membantu tubuh dalam mengatasi kolesterol tinggi. Kedua jenis ikan ini memiliki kandungan omega-3 yang tinggi, omega-3 yang ada dalam kedua jenis ikan ini justru memiliki manfaat baik untuk menurunkan kolesterol tinggi dan meningkatkan kolesterol baik. Meskipun memiliki kandungan yang bermanfaat baik untuk kadar kolesterol dalam tubuh, pengolahan kedua jenis ikan ini harus tetap di perhatikan. Hindari pengolahan ikan ini dengan menggoreng, karena dengan menggoreng ikan ini akan menghilangkan lebih dari 50% kandungan omega-3 di dalam ikan. Sebaiknya kamu mengkonsumsi olahan ikan ini dengan cara di panggang, di rebus, di kukus atau di jadikan sup. 
  • Kerang
    Nah jenis seafood yang bermanfaat untuk kolesterol selanjutnya ialah kerang, kamu pecinta kerang? Beruntunglah kamu jika kamu menyukai kerang, tentunya kamu akan memiliki kadar kolesterol yang terkendali dalam tubuh. Hal itu karena dengan seringnya kamu mengkonsumsi kerang, kandungan nutrisi yang ada dalam kerang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh kamu. Kerang memiliki kandungan yang kaya akan Vitamin B12, Kalsium, zat besi dan fosfor yang tinggi sehingga tidak hany baik untuk menstabilkan kadar kolesterol saja namun baik juga untuk kesehatan tulang dan syaraf. Cara mengolah kerang pun harus di perhatikan, masaklah kerang dengan benar karena kerang memiliki kandungan bakteri Vibrio Vulificus yang akan menyebabkan keracunan jika tidak di masak dengan benar.
  • Udang dan lobster
    Udang dan lobster merupakan jenis seafood yang paling banyak dan paling sering di konsumsi oleh para pecinta seafood , selain rasanya yang lezat. Seafood jenis udang dan lobster ini memiliki kandungan yang baik untuk kolesterol tinggi. Udang dan lobster memiliki kandungan omega-3 yang tinggi sehingga mampu menetralisir kolesterol jahat dalam darah. selain memiliki kandungan omega-3, udang dan lobster juga memiliki kandungan zat besi yang cukup untuk menjaga system imunitas tubuh agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Cara pengolahan udang dan lobster tentu saja harus di perhatikan, hindari pengolahan dengan cara di goreng. Merebus atau mengkukus nya justru lebih aman untuk menjaga kandungan nutrisi yang lebih baik. 
meskpun ketiga jenis seafood tersebut dinyatakan aman di konsumsi untuk penderita kolesterol tinggi, dan bermanfaat untuk menstabilkan kadar kolesterol dalam darah. Porsi dalam mengkonsumsi jenis seafood ini tentu saja harus di perhatikan, konsumsi ketiga jenis seafood ini dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan. Semoga apa yang kami sampaikan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih.


Konsumsi 3 Makanan Laut Ini Untuk Bantu Turunkan Kolesterol Tinggi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar