Kamis, 17 Januari 2019

Tidak Hanya Pada Orang Dewasa, Kolesterol Juga Bisa Terjadi Pada Anak-anak di bawah usia Remaja

Jika kolesterol tinggi terjadi pada usia remaja, dewasa hingga tua itu sudah menjadi hal biasa dan lazim kita temui di kehidupan sehari-hari. Namun apakah jadinya jika anak-anak yang masih belia di bawah usia remaja ini memiliki kadar kolesterol yang sangat tinggi? Apa Penyebabnya? Yuk langsung saja kita simak ulasannya berikut ini :

Gambar terkait
Banyak orang tidak menyadari bahwa gangguan kesehatan seperti kolesterol tinggi dpaat terjadi pada anak anak sehingga mereka yang menjadi orang tua tidak memperhatikan kesehatan anak dengan terus menerus membiarkan anak mengkonsumsi makanan yang justru memiliki kadar lemak kolesterol jahat yang tinggi. Kadar kolesterol ini akan cenderung lebih meningkat seiring pertumbuhan anak di setiap tahunnya. Tubuh anak memang pada dasarnya membutuhkan kolesterol yang normal untuk melindungi saraf, membangun jaringan sel dan menghasilkan hormon. Akan tetapi melalui gaya hidup anak yang tidak sehat, justru akan membuat anak memiliki kadar kolesterol yang melebihi batas normal dan dapat merusak pembuluh darah pada anak. kadar kolesterol ini juga dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke di usia dini pada anak anda. 

Penyebab Kolesterol tinggi pada anak

Kolesterol tinggi pada anak dapat di sebabkan oleh beberapa faktor yang memang dapat memicu terjadinya kenaikan kadar kolesterol dalam darah seperti :
  • Riwayat keluarga yang memiliki kadar kolesterol sangat tinggi seperti ibu, ayah, nenek, kakek, paman dan anggota keluarga lainnya)
  • Kurangnya aktivitas fisik yang dialami oleh anak sehingga anak mengalami penumpukan lemak dalam peredaran darah, 
  • Obesitas atau memiliki berat badan yang berlebih
Hampir semua kasus kolesterol membutuhkan obat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Menerapkan pola hidup sehat dapat menjadi pilihan utama untuk hal ini, pola hidup sehat juga dapat di terapkan pada anak yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Namun jika kadar kolesterol tidak membantu, maka carilah dan konsultasikan pengobatan lain yang dapat mengatasi kadar kolesterol dalam darah pada anak. Untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh anak agar tetap stabil, yuk mulailah biasakan anak dengan mengajarinya pola hidup sehat seperti memilih makanan sehat dan aktif dalam aktivitas fisik seperti tips berikut ini : 
  • Tawarkan anak 5 porsi buah dan sayur setiap hari seperti apel, pisang, wortel dan seledri
  • Tambahkan lebih banyak kandungan protein rendah lemak, sayuran serta biji bijian dalam makanan yang kamu buat
  • Hindari mengkonsumsi terlalu banyak lemak jenuh yang ada dalam makanan seperti daging, telur, keju, susu, mentega serta makanan ringan berjenis biskuit dan keripik kentang.
  • Hindari memberi makan si kecil dengan makanan siap saji
  • Batasi si kecil dalam menggunakan Tv, Handphone dan komputer serta game setidaknya tidak lebih dari 1-2 jam dalam sehari. 
  • Ajak anak untuk melakukan aktivitas fisik seperti bermain yang memang bisa membuat tubuh anak menjadi aktif bergerak dalam waktu 1 jam setiap hari
Nah itulah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kolesterol tinggi yang terjadi pada anak. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk kamu, terima kasih 

Tidak Hanya Pada Orang Dewasa, Kolesterol Juga Bisa Terjadi Pada Anak-anak di bawah usia Remaja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nuri fizriani

0 komentar:

Posting Komentar